Dan Rothschild Pun Hengkang dari Grup Bakrie…

Salah satu pendiri Bumi Plc yang terdaftar di bursa London, Nat Rothschild mengatakan dirinya telah mengundurkan diri dari jajaran direksi perusahaan tambang batu bara pada Senin 15 Oktober kemarin. Mundurnya Rothschild karena hilangnya kepercayaan terhadap dirinya dari para dewan direksi.

Dilansir dari The Wall Street Journal, Selasa (16/10/2012), pengunduran diri tersebut datang setelah dewan Bumi Plc pekan lalu menerima proposal dari keluarga Bakrie di Indonesia. Tujuan proposal tersebut yakni untuk memutuskan hubungan dengan Bakrie dengan perusahaan dan segera mengakhiri periode yang penuh gejolak bagi kedua belah pihak.

Grup Bakrie menawarkan dana tunai sebesar USD1,2 miliar untuk aset Indonesia di Bumi Plc. Ditambah pembatalan saham konglomerat tersebut di Bumi. Adapun “perceraian” tersebut akan meninggalkan Bumi Plc tanpa aset selain dana tunai sebagai bagian dari kesepakatan tersebut. Grup Bakrie pun akan kembali mengontrol beberapa tambang di Indonesia yang paling produktif.

Namun demikian, dalam surat pengunduran dirinya kepada Chairman Bumi Samin Tan, Rothschild yang merupakan keturunan dari dinasti perbankan Eropa ini mengatakan bila tawaran pengunduran diri ke keluarga Bakrie sudah diajukan pekan lalu.

“Itu akan menjadi aib atau bahkan bisa menghibur, proposal tersebut bahkan dibuat oleh Bakrie”, yakni sebelum penyelidikan telah selesai. Firma hukum Macfarlanes LLP pun diharapkan untuk menyelesaikan penyelidikan dalam beberapa minggu ke depan.

Dalam surat pengunduran dirinya kepada Chairman Samin Tan, Senin 15 Oktober, Rothchild mengatakan bahwa dia telah kehilangan kepercayaannya pada kemampuan jajaran direksi di Bumi Plc.

“Saya diberitahukan, Bakrie akan membeli kembali aset mereka senilai 873 juta poundsterling. Hal tersebut merupakan derisory atau tawaran yang merupakan pelanggaran aturan pengambilalihan,” katanya, seperti dilansir dari thisismoney.co.uk, Selasa(16/10/2012).

Selain itu, dalam suratnya Rothschild menuduh Samin Tan terlibat dalam penindasan terhadap pemegang saham minoritas.

Rothchild juga menuturkan, dia sangat menyesal telah membawa Bakrie ke London dan menuduh Tan telah merusak reputasinya di mata internasional, sehingga menciptakan kesan mengerikan kepada investor asing yang potensial.

Seperti diketahui, saham Bumi Plc  turun lebih dari 12,39 persen menjadi 245,3 pound kemarin. Rothschild, yang awalnya menginvestasikan 100 juta pound, sekarang sudah menyusut menjadi 40 juta pound.

Rothschild menambahkan dalam suratnya ia menuduh Tan terlibat dalam penindasan pemegang saham minoritas dan mengatakan itu akan menjadi aib. Di mana Samin Tan mendukung proposal yang diajukan Bakrie.

Dia juga menuturkan kecurigaannya, atas langkah Bakrie yang ‘main belakang’ dengan Rosan Roeslani, bos Recapital, karena keengganan mereka untuk mencari dana mengingat Bumi Plc tengah terlilit utang sebesar USD500 juta.

Nat Rothschild menyatakan mengundurkan diri dari manajemen Bumi Plc. Lalu, apa komentar dari Grup Bakrie?

“Betapa kecewanya Nat Rothschild kepada kami (Bakrie) dan seluruh pemegang saham,” kata Senior Vice President Grup Bakrie Christopher Fong seperti dilansir dari Reuters, Selasa (16/10/2012).

“Dia memiliki banyak alasan. Dan sekarang dia bilang tidak setuju dengan (pemegang saham asal) Indonesia,” tambah Christopher.

Sekadar informasi, keberadaan Rothschild menandai terbaru “pertempuran” di tubuh grup Bakrie untuk mengelola perusahaan yang terdaftar pada tahun lalu di bursa London. Setelah Rothschild menyuntikkan dana ke perusahaan batu bara asal Indonesia ini.

Namun, belakangan, saham perusahaan batu bara tersebut telah jatuh, diguncang oleh masalah perusahaan-pemerintahan serta perpecahan di tingkat rapat yang pada akhirnya diajukan penyelidikan independen mengenai dugaan penyimpangan keuangan di PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Bumi PLC memiliki saham 29 persen di Bumi Resources. (okezone/NMJ)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s