SOPA PIPA Bukan Solusi Atas Pembajakan!

Oleh Reonhart Sastradipraja

RUU SOPA dan PIPA belum juga disahkan secara legal, tetapi sudah ada action menahan 4 orang dan menutup situs MEGAUPLOAD sebagai contoh untuk situs filesharing lainnya seperti Mediafire. Tunggu! SOPA PIPA belum disahkan tapi kenapa sudah ada aksinya? terlebih lagi yang ditahan perwakilan Megaupload cabang New Zealand, bukan USA?

AAAAPPPPAAAAA???!!! MEGAUPLOAD DITUTUP!!

Lagipula, bila tuduhannya karena “Pembajakan”, pihak Megaupload sendiri selalu menghapus file-file bajakan yang diupload secara berkala.

Kenapa mereka tampak gigih merancang RUU SOPA PIPA? Karena saya berpikir amerika saat ini secara ekonomis sudah terpuruk, sekarang senatnya asyik pikir cara gimana cara yg sah untuk mencari uang colongan, mau cari kambing hitam di internet, biar ada yg dihukum dan bayar ganti rugi. http://tekno.kompas.com/read/2012/01/20/1043185/FBI.Tutup.Megaupload

Btw, ini alamat sementara megaupload : hxxp://109.236.83.66/ (ganti hxxp menjadi http).

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengatakan pada BBC, ““Lebih dari satu dekade, kami menghabiskan jutaan jam membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Kini, Kongres AS mempertimbangkan Undang-Undang yang akan secara fatal merusak internet yang terbuka dan gratis,” lanjut Wikipedia dalam websitenya.

Adapun para pendukung SOPA dan PIPA, datang dari kalangan industri hiburan dan Chamber Commerce AS. Mereka beragumen, pembajakan telah mengusik bisnis mereka sehingga mereka sangat menginginkan adanya UU semacam ini.

Rasanya pengen ngegebuk orang-orang kapitalis itu… seperti ini

“Persoalannya adalah bahwa RUU ini sangat berlebihan dan disusun dengan buruk sekali, sehingga akan berdampak pada seluruh aspek yang, Anda tahu, tidak ada hubungannya dengan upaya menghentikan pembajakan,” jelas Wales. http://trickzip.blogspot.com/2012/01/undang-undang-sopa-dan-pipo.html.

Literatur klasik fiqih Islam sendiri tidak mengenal hak cipta sebagai sebuah hak milik yang terkait dengan kekayaan finansial seseorang. Justru semakin diperbanyak atau ditiru akan semakin banggalah dia dan semakin banyak pahalanya. Selain itu juga ada rasa kepuasan tersendiri dari segi psikologisnya. Apa yang mereka lakukan atas karya-karya itu jauh dari motivasi materi/uang. Sedangkan untuk penghasilan, para ulama dan ilmuwan secara utamanya bekerja memeras keringat. Ada yang jadi pedagang, pengusaha, petani, penjahit dan seterusnya. Mereka tidak menjadikan karya mereka sebagai tambang uang yang utama.

Karena itu kita tidak pernah mendengar Imam Bukhori menuntut seseorang karena dianggap menjiplak hasil keringatnya selama bertahun-tahun mengembara keliling dunia. Bila ada orang yang menyalin kitab shohihnya, maka beliau malah berbahagia. Begitu juga bila Jabir Al-Hayyan melihat orang-orang meniru/menjiplak hasil penemuan ilmiyahnya, maka beliau akan semakin bangga karena telah menjadi orang yang bermanfaat buat sesamanya.

Hak cipta barulah ditetapkan dalam masyarakat barat yang mengukur segala sesuatu dengan ukuran materi. Dan didirikan lembaga untuk mematenkan sebuah penemuan dimana orang yang mendaftarkan akan berhak mendapatkan royalti dari siapa pun yang meniru / membuat sebuah formula yang dianggap menjiplak. Kemudian hal itu menjalar pula di tengah masyarakat Islam dan akhirnya dimasa ini, kita mengenalnya sebagai bagian dari kekayaan intelektual yang dimiliki haknya sepenuhnya oleh penemunya.

Bergabunglah mengisi petisi untuk menolak SOPA dan PIPA disini : https://www.google.com/landing/takeaction/

SEPAKAT!!! AYO KITA TOLAK RUU SOPA PIPA!!

INGAT!! Piracy terjadi karena kesenjangan ekonomi masyarakat dunia! Ide dan kreatifitas di monopoli oleh kapitalis. SOPA? hanya memperparah situasi, bukan solusi!!! (Facebook)

Iklan

One thought on “SOPA PIPA Bukan Solusi Atas Pembajakan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s