Geger Obat Sirup Beracun di Panama, 14 Orang Akan Diadili

Sebanyak 14 orang akan mulai diadili di Panama atas kasus menggegerkan yang menewaskan sedikitnya 282 orang di negeri itu. Persidangan ke-14 orang tersebut akan segera dimulai. Mereka didakwa atas kasus obat beracun yang merenggut banyak nyawa itu pada tahun 2006 silam.

“Pengadilan Tinggi akan memulai persidangan atas 14 orang terkait kejahatan terhadap kesehatan publik, termasuk pemalsuan dokumen, pembunuhan dengan sengaja, dan melukai banyak orang dengan mengedarkan obat sirup yang mengandung racun,” ujar juru bicara para korban, Gabriel Pascual kepada kantor berita AFP, Rabu (18/1/2012).

Belum ada informasi jelas soal siapa saja yang menjadi terdakwa dalam kasus yang menggemparkan Panama itu. Namun diduga, 14 orang tersebut merupakan orang-orang yang terlibat produksi dan pendistribusian obat mematikan tersebut. Pascual mengatakan, jadwal pasti persidangan akan segera ditetapkan oleh pengadilan.

Diketahui bahwa pada tahun 2006 silam, perusahaan obat Rasfer yang bermarkas di Barcelona, Spanyol mengimpor 9 ribu liter gliserin dari China dan kemudian mengirimkannya ke Panama. Gliserin tersebut digunakan untuk membuat obat sirup ekspektoran bagi penyakit hipertensi dan diabetes. Obat mematikan tersebut didistribusikan secara luas di Panama.

Padahal ternyata sirup tersebut terkontaminasi oleh diethylene glycol, yang seharusnya tidak digunakan untuk konsumsi manusia. Biasanya diethylene glycol digunakan untuk memproduksi poliester.

Tragisnya, sebanyak 282 orang tewas karena mengkonsumsi obat sirup tersebut. Jumlah tersebut yang dicatat resmi oleh pemerintah. Namun sebenarnya, masih ada lebih dari 1.400 kasus keracunan obat sirup tersebut yang belum diinvestigasi oleh pihak berwenang. (detik news)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s