Iran Tuduh CIA & Mossad Terlibat Pembunuhan Ilmuwan Nuklir

NOT MISTER JEKYLL—Pemimpin spritual tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menuduh Amerika Serikat (AS) dan Israel berada di balik pembunuhan ilmuwan nuklir Iran, Mostafa Ahmadi Roshan (32). AS dan Israel dinilai melakukan aksi intelijen di Iran lewat badan intelijen masing-masing negara tersebut, CIA dan Mossad.

“Pembunuhan dilakukan dengan perencanaan dan dukungan dari badan intelijen CIA dan Mossad,” ujar Khamenei seperti diberitakan AFP, Jumat (13/1/2012).

Dalam pesan belasungkawanya yang diposting ke internet, Khamenei juga mengatakan bahwa program nuklir Iran tidak bergantung hanya pada satu orang. “Kami akan terus melanjutkannya dengan penuh tekad dan energi,” tegas Khamenei.

Tuduhan Khamenei terhadap AS dan Israel terjadi di tengah tuntutan kelompok konservatif Iran untuk melakukan pembalasan terhadap pejabat politik dan militer Israel.

Sementara itu, salah seorang anggota parlemen Iran, Ali Larijani mengatakan pihaknya siap melakukan negosiasi dengan lima anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB ditambah negara Jerman. “Negosiasi dapat berhasil jika mereka serius dan bukan sebuah permainan,” tutur Khamenei.

“Sepanjang Israel, yang dianggap sebagai kanker di wilayah tersebut terus ada, masalah tidak akan pernah berakhir,” ujarnya.

Ilmuwan nuklir Iran, Roshan tewas ketika bom yang dipasangkan ke mobilnya meledak di luar sebuah universitas di Teheran. Pria tersebut merupakan wakil direktur di fasilitas pengayaan uranium di Natanz, Iran. Menurut saksi mata, bom tersebut dipasang oleh dua pria tak dikenal yang mengendarai sebuah motor.

Dalam insiden itu, Roshan tewas seketika di tempat kejadian. Sopir dan seorang pengawalnya yang semula dirawat di rumah sakit akhirnya meninggal akibat luka-lukanya.

Sebelumnya, tiga ilmuwan Iran lainnya juga tewas pada 2010 dan 2011 ketika mobil-mobil mereka meledak dalam insiden erupa. Dua dari tiga ilmuwan tersebut merupakan ilmuwan nuklir. Pejabat-pejabat Iran menyebut serangan itu dilakukan oleh badan intelijen Israel, Mossad yang kemungkinan dibantu oleh intelijen AS.

AS Tegaskan Tidak Terlibat Pembunuhan Ilmuwan Iran

Terkait hal ini, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta bersuara menanggapi tuduhan Pemimpin Spritual Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, “Amerika Serikat tidak terlibat dalam cara apapun berkaitan dengan pembunuhan yang terjadi di sana,” ujar Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, seperti diberitakan AFP, Jumat (13/1/2012).

“Saya tidak yakin siapa yang terlibat. Kami memiliki beberapa ide siapa yang mungkin terlibat tetapi kami tidak mengetahui dengan pasti siapa yang terlibat,” kata Panetta saat bertemu dengan para tentara AS di sebuah pangkalan militer AS di Texas, AS.

AS juga telah membantah tuduhan Iran bahwa mereka terkait dalam pembunuhan ilmuwan Ahmadi Roshan dalam serangan bom mobil. Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya telah berbicara melalui telepon, setelah Iran menuduh keduanya merencanakan pembunuhan itu.

Seorang pejabat senior Israel mengatakan pihaknya tidak mengetahui siapa yang melakukan pembunuhan itu. (detik news/mugiwara no nakama)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s