Tadi Malam Seluruh Indonesia Melaksanakan Salat Gerhana

Ini dia beberapa diantaranya:

Salat Gerhana di Banda Aceh

Beberapa masjid di kawasan kota Banda Aceh serentak melaksanakan salat sunat gerhana saat terjadinya gerhana bulan total, Sabtu (9/12) malam. Gerhana bulan mulai nampak terlihat oleh mata telanjang sekitar pukul 21.10 WIB. Saat itulah masjid-masjid di kawasan kota Banda Aceh secara bersahut-sahutan mengumandangkan azan, lalu diikuti dengan salat sunat dua rakaat.

Atun, salah seorang warga kepada The Globe Journal mengatakan bahwa beberapa mesjid di pusat kota Banda Aceh telah mengumandangkan azan semenjak pukul 21.00 WIB. “Di daerah kota, sudah azan dari tadi. Tadi juga di masjid Prada sudah ada beberapa orang yang salat gerhana, walaupun belum berjamaah,” ujarnya yang juga menyaksikan fenomena alam di kawasan prada.

Seperti yang dikatakan oleh @okipramana pada The Globe Jounal lewat jaringan sosial twitter bahwa mesjid di kawasan Peuniti tengah melakukan salat gerhana berjamaah pada pukul 21.30 WIB. Menurut pantauan The Globe Journal, beberapa mesjid dan meunasah di Kota Banda Aceh telah melaksanakan salat sunat gerhana seperti di meunasah di Kp. Ateuk Munjeng, Mesjid Al-Muhajirin Lamlagang, masjid di kawasan Panterik .Suasana azan yang bersahut-sahutan menyambut fenomena alam yang langka ini menambah kesan syahdu malam gerhana bulan tersebut.

Gerhana bulan total yang menghiasi langit kota Banda Aceh hari ini, merupakan salah satu fenomena alam terakhir yang akan terjadi di tahun 2011 ini. Gerhana bulan total dimulai pada pukul 18.35 WIB dengan ‘perkawinan’ cakra bulan dengan penumbra. Namun masyarakat kota baru bisa melihat  gerhana bulan total pada pukul 21.10 WIB, saat bulan masuk sepenuhnya pada daerah umbra. Pada saat ini masyarakat akan melihat bulan berwarna merah darah yang dikelilingi kabut tipis pukul 21.10 WIB yang merupakan puncak dari gerhana bulan ini sendiri.

Salat Gerhana Bulan Di Bireuen

Sementara itu hal yang sama juga dilakukan oleh masyarakat Bireuen yang menyaksikan gerhana bulan. Warga diberbagai gampong di Bireuen melaksanakan shalat sunat gerhana bulan.

Pantauan The Globe Journal, di kawasan kecamatan Peusangan, Kuta Blang dan Geurugok azan masih bersahut-sahutan di berbagai menara mesjid mulai setelah kumandang azan Insya sampai berita ini dituliskan yaitu pukul 22.10 Wib.

Ibrahim (50) salah seorang warga peusangan yang ditemui oleh The Globe journal setelah shalat sunat itu mengatakan bahwa dalam ajaran Islam telah diatur shalat sunat gerhana bila fenomena alam itu terjadi.

“Dalam ajaran Islam telah diatur tentang shalat sunat dua rakaat bila gerhana terjadi. Maka kami setelah melihat gerhana hampir penuh, langsung saja melaksanakan shalat sunat itu,” kata Ibrahim.

Salat Gerhana di Bandung

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandung mengimbau kepada umat muslim Kota Bandung, khususnya jemaah Muhammadiyah untuk melaksanakan salat gerhana, Sabtu (10/ 12) malam. Kegiatan tersebut tidak difokuskan di satu titik melainkan tersebar di sejumlah masjid.

“Sebagaimana sunah Rasul, tiap gerhana bulan maupun matahari selalu ada salat di masjid-masjid. Kami imbau masjid-masjid Muhammadiyah melaksanakan salat gerhana,” ujar Ketua Muhammadiyah Kota Bandung, Rifky Ali Mubaroq kepada wartawan di Antapani, Jumat (10/12).

Shalat gerhana, kata Rifky, sudah biasa dilaksanakan di masjid Muhammadiyah maupun masjid lainnya. Untuk Muhammadiyah, masjidnya tersebar di 30 kecamatan di Kota Bandung. “Masjid Muhammadiyah ada di 30 kecamatan dan biasanya ada salat gerhana,” tuturnya.

Berbeda dengan salat Idulfitri atau Idul adha, salat gerhana tidak difokuskan di satu titik. “Di Sancang maupun di Antapani juga ada, tapi untuk salat gerhana ini tidak dipusatkan, sporadis di masing-masing masjid,” ungkapnya.

Salat gerhanan akan dilaksanakan setelah salat isya. “Tapi kegiatan lain seperti pengajian sudah dimulai usai magrib,” ujarnya.

Begitu pun di Masjid Al-Ukhuwah, Jln. Wastukancana. Saat terjadi gerhana akan dilaksanakan pengajian, ceramah, dan salat gerhana. Kegiatan tersebut sudah dimulai bakda magrib. “Sudah rutin jika ada gerhana bulan atau matahari di Masjid Al Ukhuwah digelar pengajian, ceramah, dan salat gerhana ,” ujar Humas Masjid Al Ukhuwah, Wawan.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Observatorium Bosscha ITB Lembang, Prof. Hakim L. Malasan mengatakan, gerhana bulan kali ini terjadi pada prime time saat masyarakat masih beraktivitas, yaitu pukul 18.34 WIB – 24.00 WIB. (the globe journal/eramuslim/mugiwara no nakama)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s